Mengaktifkan HTTPS Blogger - SSL Gratis Custom Domain Blogger | Ladangtekno

 Mengaktifkan HTTPS Blogger - SSL Gratis Custom Domain Blogger | Ladangtekno

 

Hai Balik lagi nih di Ladangtekno


Kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana caranya untuk mengaktifkan Https Blogger ketika kita menggunakan custom domain di blogger.


Sebelum kita masuk ke tutorialnya. terlebih dahulu kita akan membahas beberapa hal mengenai htpps blogger.


Baca Juga:



Mengaktifkan HTTPS Blogger - SSL Gratis Custom Domain Blogger



Apa Itu Https Blogger

Kalian pasti pernah mengakses sebuah halaman web bukan?. Pernah gak kalian ngalamin kejadian dimana browser atau antivirus kalain mencegah untuk mengeakses sebuah halaman web dengan eror SSL Certificate Not Valid atau SSL Ceritificate Out of Date


Salah satu penyebab terjadinya hal ini web kalian masih menggunakan protokol http yang sekarang sudah dianggap tidak aman. Saat ini hampir semua web sudah menggunakan protokol https karena jika belum menggunakannya dapat dipastikan ketika orang mengunjungi website kalian akan diberikan peringatan seperti diatas atau peringatan website tidak aman.


Untuk mendapatkan pengalihan https kalian bisa menggunakan layanan SSL baik yang berbayar maupaun gratis. Contoh yang gratis adalah Cloudflare dan Let's Encrypt misalnya.


Namun jika kalian Menggunakan blogger kalian tidak perlu menggunakan SSL diluar lagi karena blogger sudah menyediakannya.


Kalau kalian menggunakan domain bawahaan dari blogger contohnya namadomain.blogspot.com, maka kalian tidak perlu repot-repot untuk menyeting https blogger karena akan secara otomatis akan diatur oleh pihak blogger


Kalau kalian menggunakan custom domain. Barulah kalian memerlukannya. kalian perlu mengaktifkannya secara manual di blogger.


Baca Juga:



Mengaktifkan Https Blogger

Oke setelah mengetahui apa itu https blogger. Sekarang kita akan masuk ke bagaimana caranya untuk mengaktifkan https blogger.


Sedikit catatan kembali seperti yang sudah disebutkan diatas. pengahilan blogger hanya perlu dilakukan ketika kalian menggunakan custom domain saja. Jika kalian menggunakan domain bawaan dari blogger kalian tidak perlu melakukan setting httpsnya


Pastikan dulu kalian sudah memasang custom domain yang sudah dibeli atau disiapkan ke blogger dan pastikan juga domainnya dapat diakses.


Jika kalian tidak membeli SSL dari luar atau membeli SSL dari pihak penyedia domain maka ketika kalian akses web kalian hampir dipastikan akan menampilkan halaman web seperti dibawah ini dan ada tanda https dicoret pada bagian kolom pencarian.

Error SSL HTTPS Blogger
Error SSL Https Blogger


Kalian masih bisa mengakses webnya. hanya saja kalian akan diperingatkan karena situs web dianggap tidak aman.


Sekarang kita akan masuk ke tutorial cara mengaktifkan https bloggernya.


  • Pastikan custom domain kalain sudah terpasang
  • Masuk ke dashboard blogger dan masuk ke menu setelan atau setting
  • Di menu setelan silahkan cari HTTPS. Jika sudah ketemu silahkan centang atau aktifkan kedua bagian yang ada di pilihan https yaitu Ketersesiaan HTTPS dan Pengalihan HTTPS. Jadinya seperti gambar dibawah ini
Mengaktifkan HTTPS Blogger
Mengaktifkan HTTPS Blogger

Selamat kalian sudah berhasil mengaktifkan https blogger. Sekarang web kalian sudah bisa diakses tanpa adanya gangguan https atau ssl


owh iya, sebagai catatan. Proses pengecekan dan pengaktifan https ini bisa memakan waktu sampai dengan 24 jam. Jadi jangan panik ketika website kalian tidak dapat diakses dalam waktu selama itu.


Namun biasanya waktu yang diperlu tidak sampai 24 jam tapi bisa saja waktunya menjadi lebih dari 24 jam tergantung dengan situasi dan proses verifikasinya. Jada harap bersabar ya :).



Sekian tutorial saya mengenai Mengaktifkan HTTPS Blogger - SSL Gratis Custom Domain Blogger. Jangan lupa terus kunjungi website ladangtekno untuk mendapatkan informasi menarik mengenai dunia teknolog dan tentunya juga ada berbagai tutorial mengenai teknologi seperti blogging dan lainnya.


Semoga tutorial kali ini bisa membantu kalian ya, salam Ladangtekno

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon